Selasa, 28 Agustus 2012

Kegunaan Tanaman Jarak Sebagai Bahan Bakar Alternatif

Kepolover - Bila di Indonesia tanaman ini disebut sebagai Jarak Pagar, versi global tanaman ini memiliki nama latin yang cantik yaitu (Jatropha curcas). Nah berbeda lagi dengan versi Inggrisnya, tanaman jarak pagar disebut dengan istilah ”Physic Nut”. Nama Jatropha curcas atau jarak Pagar sekarang lebih nyaring seiring dengan krisi BBM yang melanda beebrapa negara termasuk Indonesia. Jarak pagar dapat menjadi bahan alternatif untuk menghasilkan bahan bakar alternatif ”biodiesel” atau ”biofuel”.

Jarak pagar (Jatropha curcas)

Jarak pagar (Jatropha curcas) di Indonesia diperkenalkan pada jaman Jepang tahun 1940-an. Ketika itu bangsa Indonesia diperintah untuk menanamnya sebagai pagar pekarangan. Karena tanaman ini tergolong sebagai tanaman yang mudah beradaptasi, maka tanaman jarak berkembang dan tumbuh dengan subur walaupun di tanah tandus sekalipun. Untuk menanamnya sangat mudah, bisa dengan cara stek maupun dengan cara benih.

Pemanfaatan tanaman jarak sebagai bahan bakar alternatif penggantiminyak bumi sudah tersohor kemna-mana. bahkan DaimlerChrysler, produsen otomotif ternama, telah mengaplikasikan BTL (Biomass to Liquid) pada mobil Mercedes-Benz seri C (Mercedes-Benz C 220, red.). Bahan bakar tersebut lalu diberi label dagang SunDiesel dimana berbahan baku tanaman Jarak Pagar.

Di Indonesia pengembangannya dipelopori oleh Dr. Robert Manurung dari Institut Teknologi Bandung (ITB) sejak tahun 1997. Setelah sekian lama penelitiannya mendapat dukungan dari Mitsubishi Research Institute dan New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO) dari Jepang.

Kini di Indonesia hanya tinggal menunggu kebijaksanaan pemerintah saja apakan berkomitmen untuk mensosialisasikan dan memproduksi secara massal tanaman ini. Yang paling penting bagi masyarakat Indonesia adalah adanya bahan bakar alternatif yang murah disamping itu terbukanya kesempatan baru bagi para petani Indonesia untuk menambah porsi penanaman jarak dengan memanfaatkan lahan yang tidak produktif.

Refference: http://www.kapetseram.com/info_jarak.html


EmoticonEmoticon