Senin, 30 Juli 2012

Resep & Cara Membuat Steak Iga Bakar Empuk

Kepolover - Pada rubrik kuliner kali ini, admin mengajak kalian untuk membahas salah satu makanan kesukaan admin yaitu Steak iga bakar. Steak iga menurut admin berbeda dengan steak kebanyakan lainnya dimana steak ini memiliki cita rasa unik dan khas. Namun perlu diketahui bahwa ternyata iga yang enak banget dan empuk untuk dibuat steak adalah iga sapi import dikarenakan masih banyaknya daging yang melekat pada tulangnya dibandingkan iga sapi lokal.

Ada cara yang efektif agar iga steak nanti berasa empuk saat digigit yakni dengan cara melumuri sebelumnya dengan Meat Tenderizer. Nah, setelah dibumbuhi steak jangan langsung dibakar melainkan harus didiamkan dahulu beberapa jam agar bumbu benar-benar meresap.
Disini admin akan share Resep & Cara Membuat Steak Iga Bakar Empuk
Bahan:
1 Resep iga sapi yang telah direbus

Bumbu Oles:
1 sdt gula merah
3 btr kemiri
2 bh cabai merah
½ sdt garam
1 sdt ketumbar
1 cm jahe
5 siung bawang putih
10 bh bawang merah
1 cm kencur
3 sdm minyak

Saus Steak:
2 sdm minyak
25 gr tepung
250 ml air kaldu sup
125 ml air rebusan gulai

50 gr bawang bombai, cincang
10 bh bawang merah, haluskan
5 siung bawang putih, haluskan100 ml saus tomat
25 ml kecap manis
1 sdt garam
1 sdt lada

Pelengkap:
150 gr kentang goreng
100 gr stup buncis

Cara Membuat:
1. Bumbu Oles:
Semua bahan dihaluskan kemudian tumis hingga harum. Angkat, sisihkan.
2. Saus:
Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih dan bawang bombai hingga harum. Campur dan aduk hingga rata bersama tepung lalu tambahkan air kaldu dan air rebusan gulai. Masak hingga kental terus tambahkan dengan saus tomat, kecap manis, garam, lada.
3. Iga
Langsung olesi iga dengan bumbu oles yang telah dibuat diatas, bakar di atas bara api hingga kecokelatan. Sajikan dengan saus dan cukup hingga untuk 6 orang.

Resep : Iga Bakar Mas Giri, Jl. RE. Martadinata ( Riau ) No: 118 Bandung, (022-426 1451), Penyusun: Nuraini W, Dahrani Putri | Penata Saji: Sindhunata | Foto: Agus Dwianto

Sumber: www.tabloidnova.com 


EmoticonEmoticon