Sabtu, 26 Mei 2012

Penyebab Visitor atau Pengunjung Blog Menurun Drastis

Kepolover - Sobat, kali ini admin sengaja mau berbagi pengalaman selama kegiatan blogging yang sudah dijalani kurang lebih 1 tahun ini. Masalah yang akan kami share adalah masalah tentang Penyebab Visitor/Pengunjung Blog Turun Drastis. Mungkin banyak dari kawan-kawan blogger yang pernah mengalami penurunan jumlah pengunjung bukan? Nah hal ini yang dialami oleh blog Kepolover.blogspot.com bulan April-Mei 2012 ini. Sebelumnya blog Kepolover.blogspot.com trafficnya lumayan sih walaupun gak gede-gede amat tapi udah diatas 1K sebelum 14 April 2012. Namun hal itu tidak bertahan pada tanggal berikutnya karena pada tanggal 17 April dan sampai bulan Mei ini blog Kepolover.blogspot.com mengalami penurunan jumlah visitor/pengunjung yang lumayan signifikan.

Apa sebenarnya Penyebab Visitor/Pengunjung Blog Turun Drastis yang telah dialami blog Kepolover.blogspot.com. Usut punya usut momen tersebut bersamaan dengan diupdatenya algoritma baru Google Penguin. Namun pertanyaanya apakah iya blog pandaan.com terkena dampak dari Google Penguin? Nah mungkin bisa iya dan mungkin juga bisa tidak. Yang jelas, dari penerapan algoritma baru tersebut, blog Kepolover.blogspot.com merasa terkena dampak dan menjadi korban tersalah sebagaimana yang dialami para blogger yang lainnya.

Kalau kita jeli mengamati update terbaru algoritma, memang tujuannya sangat baik yaitu membersihkan SE dari blog yang terindikasi SPAM. Dan biasa memang semua blog pasti mengalami dampak daripada itu. Namun hal ini bukan alasan bagi kita untuk mengeneralisasi bahwa setiap blog yang terkena dampak Penguin adalah blog SPAM. Masalah itu yang sedang menjadi dilema para blogger saat ini, banyak sekali situs-situs blog bersih yang sudah menerapkan white hat SEO pun terkena dampak langsung. Lantas apa penyebabnya? Nah berikut yang menjadi prioritas admin dalam memetakkan alasan/penyebab blog ini menurun drastis. Ini mungkin bisa dijadikan alasan yang rasional kenapa blog Kepolover.blogspot.com traffic visitornya menurun:

1. Efek dari Algoritma Google Penguin.
    Mungkin selama ini kami telah melakukan optimasi SEO yang dianggap
    berlebihan dan tidak natural oleh Google, sehingga pada saat algoritma baru
    diupdate, blog Kepolover.blogspot.com juga terkena imbasnya.
2. Konten yang bersifat temporary
    Temporary contents adalah konten blog yang dapat mengangkat jumlah
    visitor dalam waktu singkat dan biasanya mengacu pada topik yang sedang
    hangat dibicarakan. Pamor konten semacam ini hanya berlangsung singkat
    dan mesti harus diupdate dengan konten temporary baru yang lain.
3. Masih Kurangnya Konten Pilar
    Konten pilar adalah konten yang topiknya tahan lama dan dicari orang dari
    waktu-kewaktu. Blog Kepolover.blogspot.com memiliki beberapa konten pilar yang
    berupa tutorial namun kami merasa bahwa itu perlu ditambah karena sudah
    terlalu banyak dicopas orang.
4. Update dan edit layout template blog yang dilakukan pada pertengahan
    April dan awal Mei
5. Kurang doa dan kurang beramal kali...:)

Oke, apalagi sebab-sebab yang lain itu yang jelas admin sampai hari ini kebingungan cari jalan keluarnya. Dan saat ini dampak penurunamn visitor tersebut juga menimbulkan efek samping pada psikologi admin sendiri...heheheheheee Admin jadinya malas sekali memposting artikel baru karena masalah ini.

Mohon doanya dan dukungannya aja agar blog ini lekas sembuh trafficnya ya sobat...:)

8 komentar

^_^ point terakhir sindiran yang mengena banget hehehe

cara mengobatinya gimana gan? aku sudah terjangkit ni!

Saya juga sedang mengalami masalah ini.

Gimana lagi selain sabar dan terus menganalisanya.

artikel menarik, semua itu benar, saya sedikit menambahkan yang bisa anda baca disini

http://catatan-google.blogspot.com/2012/10/penyebab-visitor-blog-menurun.html

Mas saya juga mengalami hal yang sama sekarang.. ini terjadi pada blog www.blogberbagi.com waktu itu pageviesnyanya udah nyampe 2000 masa sekarang cuma 300+ perhari.. saya heran ini apakah kena google panda. tapi setau saya kalo kena google panda semua isi ga diindex. tapi nyatanya, konten pilar di blog saya tetap nangkring di posisi satu/dua(fluktuasi) google dengan keyword hukum kepler.. apa ada pencerahan mas ? Tolong saya, saya masih newbie :)

blog saya sampai sekarang masih belum terangkat vistornya gan
dulu 200an sehari sekarang cuma 100an

saya pun juga mengalaminya seperti ini


EmoticonEmoticon