Jumat, 24 Februari 2012

DDR-RAM (Memory) Bakal Tergantikan Oleh Hybrid Memory Cube

Di dalam sebuah PC atau laptop, ada sebuah piranti keras (hardware) yang sangat berperan dalam kinerja dan performa komputer disebut Memory atau RAM (Random Access Memory). Tipe RAM, yang paling sering digunakan adalah DRAM (digunakan di PC, laptop, notebook, dsb). Tapi tahukah kalian bahwa sebenarnya teknologi DRAM pada komputer atau laptop kita sekarang ini merupakan evolusi saja dari teknologi yang sudah ada sejak tahun 1970. Wow lama banget ternyata ya gan..??

Maka dari itu, sekarang dikembangkan jenis memori baru bernama Hybrid Memory Cube oleh Samsung dan Micron. Dengan teknologi baru ini diharapkan bisa menjawab masalah komputer dengan performansi tinggi (contohnya adalah server cluster) yang mana DDR3 DRAM dianggap sudah tidak terlalu memadai lagi.

Hydric Memory Cube (atau HMC) ini memiliki kecepatan transfer 15x lipat dari DDR3 dan hemat energi hingga 70%. Maka dari itu HMC ini sangat cocok untuk dipakai baik untuk perusahaan besar (enterprise), maupun PC/Laptop kesayangan kita nantinya. Disamping itu, HMC ideal untuk smartphone, tablet, dan Ultrabook sebab kemampuannya yang hemat energi dan bisa mengurangi memory footprint secara signifikan. Samsung dan Micron masih menggarap proyek tersebut dengan membuka konsorsium HMC untuk pengembangan lebih lanjut. HMC bakal selesai dalam setahun ini.


EmoticonEmoticon