Senin, 27 Februari 2012

Cara Mudah Membuat Localhost atau Server Lokal Pada PC

Server Lokal atau Localhost memang sangat penting bagi mereka yang memiliki kantor kerja atau sedang merintis bisnis media skala kecil. Ada juga yang menggunakan server lokal sebagai sarana belajar membuat Website/weblog yang berbasis CMS (Content Management System) atau php yang disertai database Mysql.
Mengapa menggunakan server lokal sich? O..oo..Alasannya sangat simple yaitu untuk menghemat biaya pemakaian internet saja sehingga kalian bisa menggunakannya pada mode offline pada saat desain dan masih belum diupload ke server hosting.

Pada mode Offline tersebut kita cukup menggunakan komputer dan beberapa software untuk membuat web server lokal atau localhost.  Untuk membuat Web Server lokal atau Localhost, ada beberapa software yang bisa digunakan, namun yang support dengan OS Windows yaitu:  XAMPP, WampServer, Php Triad, AppServ.

Software-software tersebut sudah menggabungkan php, mysql database dan apache sehingga nanti memiliki fungsi dan kemampuan yang sama saat dipakai untuk membuat Webserver lokal pada Komputer PC.
Ok, sekarang kita ambil screenshoot dari salah satu software diatas yaitu Wamp5_1.4.5. Silahkan diinstal dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1.  Download WampServer dari Situs Resminya di Sini. Selanjutnya Klik 2 x Wampserver5 1.4.5 dan instal. Agar anda tidak kesulitan dalam melakukan instalasinya maka biarkan proses instalasi berjalan secara default tanpa melakukan customisasi.

Ketika kalian memulai menggunakan WampServer, buatlah directory baru untuk project Website kalian dan dan letakkanlah pada root Root Directory yaitu www seperti gambar di bawah ini :

 



Klik Start —> All Program —> WampServer —> Start WampServer. lalu  perhatikan icon Wampserver pada Pojok Kanan Bawah.


Klik pada icon tersebut —> lalu pilih localhost.



Nah, Pada Your projects akan muncul Directory website kamu ayang telah dibuat. Bila kalian klik directory tersebut maka akan tampil:




Perhatikan bahwa address bar menuju ke link  http://localhost/BelajarWordpress/. Itu artinya kalian telah berhasil membuat server web lokal atau Localhost. Agar nanti tampilan web ada isinya maka harus melanjutkan langkah Instalasi CMS WordPress pada Localhost atau Web Server Lokal.

Sumber: http://oprekzone.com

2 komentar

Nah untuk cara instalasinya gmn bro.Maaf msh newbie.Klo untuk bikin game gmn bro ky RF Private Server.Tolong ajarin bro.Add fb w ya.

halley_idroes10486@yahoo.com

W minta tolong ney.

Nah untuk cara instalasinya gmn bro.Maaf msh newbie.Klo untuk bikin game gmn bro ky RF Private Server.Tolong ajarin bro.Add fb w ya.

halley_idroes10486@yahoo.com

W minta tolong ney.


EmoticonEmoticon