Jumat, 24 Agustus 2012

Informasi Seputar Kebun Raya Purwodadi Pasuruan (LIPI)

Kepolover.blogspot.com - Pada postingan kali ini kita akan memberikan sedikit informasi tentang Kebun Raya Purwodadi (LIPI) atau yang lebih keren dikenal dengan nama Purwodadi Botanical Garden.

Sejarah Kebun Raya Purwodadi
Sekilas tentang Kebun Raya Purwodadi didirikan pada tanggal 30 Januari 1941 oleh Dr. Lourens Gerhard Marinus Baas Becking yang diprakarsai oleh Dr. Dirk Fok van Slooten sebagai cabang atau pemekaran dari Kebun Raya Bogor yang pada jaman belanda disebut dengan nama Stasiun Percobaan ‘s Lands Plantentuin Buitenzorg.

 
Lokasi:
Untuk akses lokasi Kebun Raya Purwodadi teletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Aksesnya sangat mudah sebab dilalui jalur utama kendaraan dari arah Surabaya - Pandaan - Malang. Lokasi ini juga strategis sebab berada di jalur Malang - Pasuruan.
Untuk letaknya sekitar 24 km sebelah utara kota Malang atau 65 km sebelah selatan kota Surabaya.
Kebun Raya Purwodadi  memiliki luas sekitar 85 ha dan berada pada ketinggian 300m dpl. Purwodadi sendiri memiliki curah hujan rata--rata per tahun 2366 mm dengan bulan basah antara bulan November dan Maret dengan suhu berkisar antara 22 - 32 C.
Pada awal mulanya, Kebun Raya Purwodadi berfungsi sebagai kegiatan penelitian tanaman perkebunan. Lalu pada tahun 1954 mulai ditanam beberapa tanaman koleksi yang merupakan awal pembentukan konsep kebun raya. Pada tahun 1980 sebagian tanaman telah ditata kembali dengan mengklasifikasikan berdasarkan sistem Engler dan Pranti.

Fungsi:
Untuk fungsinya Kebun Raya Purwodadi memiliki beberapa fungsi yaitu diantaranya;
1. Inventarisasi, Eksplorasi dan Konservasi tumbuhan
2. Sebagai tempat penelitian untuk pendidikan dan pemanduan dibidang botani.
3. Sebagai tempat rekreasi alam terbuka.


Koleksi:
Kebun Raya Purwodadi Sampai dengan Januari 2000 memiliki 14.534 spesimen tanaman yang terdiri dari 3770 jenis, 988 marga dan 150 suku. Sedangkan untuk koleksinya sebagai berikut: Koleksi anggrek, Koleksi Bambu, Koleksi polong-polongan, Koleksi Mangga, Koleksi paku-pakuan, Koleksi Pisang, Koleksi Tanaman Obat, Koleksi palem dsb. Disamping itu juga tedapat Herbarium dan koleksi biji.


Foto-foto indahnya Kebun Raya Purwodadi:





Sekian informasi dai kami, semoga bermanfaat. 
Sumber:  http://www.eastjava.com


EmoticonEmoticon