Rabu, 27 Juni 2012

Beragam Manfaat dan Khasiat Sambiloto Untuk Obat

Kepolover - Sobat Kepolover, kali ini admin memberikan informasi mengenai Beragam Manfaat dan Khasiat Sambiloto Untuk Obat. Sambiloto merupakan tanaman yang tumbuh liar dan termasuk dalam family Acanthaceae. Rasanya yang sangat pahit memang identik sekali bahwa tanaman ini disebut sebagai tanaman obat. Namun perlu kita ketahui bahwa ternyata didalam tanaman ini terkandung zat seperti: andropraholide, deoxyandrographolide, neonandrographolide, 12 didehydroandrographolide, 14-deoxy-n dan homoandrographolide, dll.

Sedangkan untuk manfaat dan khasiat tanaman sambiloto ini sangat banyak. Apabila ditinjau dari penyakit, maka berikut sedikit informasi yang dapat disembuhkan dari sambiloto ini:

Kencing manis.
Ambil sambiloto segar sebanyak 1/2 genggam. Cuci dan rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 1/4 gelas. Minumlah 3 kali sehari dengan takaran sekali minum 3/4 gelas.

Tipus.
Petik sambiloto segar 10-15 lembar lalu rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin lalu saringlah dan campur dengan madu. Minumlah 3 kali sehari.

TBC paru-paru.
Boleh dengan cara diminum segar dan boleh diminum dengan cara menggiling daun sambiloto kering lalu ditambah madu dan dibentuk bulatan pil cina. Minumlah 3 kali sehari dengan sekali minum 15-30 pil.

Faringitis
Ambil sambiloto segar 9gr. Lalu cuci dan bilas dengan air matang dan seduh dan diminum seperti teh.

Disentri dan Diare
Ambil daun krokot (Portulaca oleracea) 500 g kemudian ditumbuk dan diperas. Gunakan air perasan tersebut dan campur dengan bubuk kering sambiloto 10 g dan aduk. Lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.

Malaria, Demam dan Influenza
Seduhlah bubuk sambiloto kering 1 genggam dengan 1 cangkir air panas. Minum disaat dingin dan lakukanlah 3 – 4 kali sehari.

Sakit gigi.
Ambil 9-15 daun sambiloto segar dan rebus dengan satu 2 gelas air hingga menyisakan 1 gelas. Minumlah 3 kali sehari.

Obat tetes telinga.
Lumatkan daun sambiloto segar lalu peras airnya. Teteskan air tersebut ke telinga.

Batuk rejan (pertusis), darah tinggi
Ambil daun sambiloto segar sebanyak 5 – 7 lembar. Seduh dengan 1/2 cangkir air panas. Tambahkan madu dan aduk. Minumlah 3 kali sehari.


EmoticonEmoticon