Selasa, 15 Mei 2012

Jenis Memori Eksternal dan Aplikasinya Pada Komputer

Kepolover - Sobat Kepolover tahu kan apa itu memori eksternal komputer/laptop? wah...kalo hardisk eksternal pasti tahu lah..heheh. Sebetulnya yang disebut memori eksternal ini sangat familiar sekali dan kita sudah lama melihatnya. Hanya popularitas nama saja yang membuat memori eksternal seolah barang langka dan asing. Pada komputer, memori eksternal biasa disebut juga mass memory atau mass storage. Fungsinya dipakai untuk menyimpan program atau data yang sedang tidak dipakai oleh komputer. Sehingga bila komputer memerlukan program atau data tersebut maka kita harus memindahkan dulu ke memori internal untuk bisa digunakan.

Generasi memori eksternal dapat kita golongkan menjadi 2 yaitu generasi purba/mekanik (berbahan pita dan cakram magnetik) serta generasi mutakhir/elektrik (berbahan semikonduktor).

Memori Eksternal Generasi Purba/Cakram Magnetik/Mekanik

Nah, jaman dulu nenek moyang kita sudah menggunakan memori eksternal jenis mekanik karena memori jenis inilah yang memang dikeluarkan pada zaman awal komputer diperkenalkan. Pada masa itu banyak dijumpai memori eksternal berupa pita magnetik dan piringan magnetik seperti disket, CD dan hard disk. Ukurannya pun beragam namun kapasitasnya yah relatif kecil tapi sudah lumayan lah.

Nah, pertanyaanya apakah jenis memori eksternal semikonduktor/elektronik pada masa itu sudah ada? Sebenarnya konsep sudah ada namun mewujudkannya dalam teknologi semikonduktor saat itu sangat mahal karena teknologi semikonduktor waktu itu jauh dibawah tahap seperti masa sekarang.

Pada memori eksternal mekanik, kecepatan putaran sebuah piringan sangat mempengaruhi kecepatan kecepatan data yang dibaca. Semakin cepat perputarannya semakin cepat pula data yang dibaca. Namun kecepatan data tetap lebih jago memori internal yang menggunakan sistem elektronik. Untuk itulah memori mekanik/magnetik hanya dipakai sebagai memori eksternal saja karena dapat menyimpan informasi yang sangat besar, daya tahan cukup lama dan harganya yang sangat terjangkau.

Memori Eksternal Generasi Mutakhir/Semikonduktor

Memori eksternal semikonduktor adalah memori eksternal jenis elektronik seperti USB flash disk.Bentuknya yang kecil dan dapat menyimpan data yang sangat besar merupakan kelebihan dari memori eksternal jenis ini. Penggunaan USB (Universal Serial Bus) merupakan terobosan penggunaan transfer data dan daya elektrik dengan kemampuan yang cepat.

Meskipun demikian, memori eksternal USB flashdisk ternyata menyimpan kelemahan. Daya tahan data masih kalah dibandingkan dengan memori eksternal jenis cakram magnetik (harddisk eksternal) maupun cakram padat (CD). Daya tahan flashdisk maksimum dan normal 5 tahun sedangkan cakram magnetik bisa 12 tahun dan CD bisa sampai 15 tahun bila digunakan dengan baik dan benar.

Untuk kemampuan hapus dan tulis, flashdisk memiliki kemampuan yang terbatas. Semakin sering kita menggunakannya maka semakin cepat pula umur dari flashdisk kita. Namun tenang saja karena perhitungan kemampuan flashdisk dapat ditulis dan dihapus ulang sampai puluhan ribu bahkan ratusan ribu kali kok.  hehe...:)


EmoticonEmoticon