Rabu, 11 April 2012

Tempat Wisata di Kota Dingin Pandaan dan Sekitarnya

Kepolover.blogspot.com - Pada postingan kali ini kita akan memberikan info menarik mengenai tempat-tempat wisata yang ada disekitar kota dingin Pandaan. Kota Pandaan adalah kota yang yang tergabung diwilayah bagian barat Kabupaten Pasuruan. Kota ini terletak di kaki Gunung Arjuno-Penanggungan, 30 km dan berada 50 km sebelah selatan Kota Surabaya. Untuk luas wilayahnya seluas 4.327 Ha dengan ketinggian 300 m dpl dan memiliki suhu rata-rata  27 C.

Sebagai Kota yang berkembang, kota Pandaan merupakan daerah yang sangat berpotensi. Salah satu yang menjadi andalan di wilayah Pandaan adalah lokasi The Taman Dayu City of Festival. Taman Dayu memiliki berbagai fasilitas umum yang membidik sektor wisata. Disamping itu banyak sekali tempat kuliner yang dapat ditemukan dikota yang terkenal dengan kejernihan air mineralnya ini. Bukan hanya itu saja, Disekitar kota pandaan masih ada beberapa tempat wisata bertaraf nasional dan internasional dimana lokasinya masih berdekatan dan masih didalam zona kabupaten Pasuruan. Berikut adalah info mengenai tempat-tempat objek wisata di Pandaan dan sekitarnya yang berhasil dihimpun redaksi Kepolover.blogspot.com:

1. The Taman Dayu City of Festival
Pada bagian luar, The Taman Dayu kita disambut beberapa tempat favorite untuk menghabiskan weekend. Kita bisa bermain ditengah lokasi yang sejuk ini bersama keluarga dan kerabat. Terdapat disana Tempat bermain anak-anak (Carrousel), Food Terrace, KFC dll. Selain itu di lokasi ini biasanya diadakan acara setiap malam minggu. Naik keatas beberapa km dari Food Terrace,  Anda akan menemukan bebrapa perumahan yang dikelilingi dengan pemandangan yang asri dan cocok untuk melepas penat dan lelah dari pekerjaan.

Disana juga tersedia beberapa objek lainnya seperti kolam renang, tempat bermain Golf dan Golf arena buat yang masih pemula. Disamping itu terdapat pula lokassi Outbound serta Obyek wisata Rumah pohon ditengah Pohon Pinus/Pines Trees.

Dilokasi itu Anda dapat menyaksikan hutan pinus yang masih asri. Area ini biasanya dijadikan area Camping-Outbound. Untuk mencapai lokasi camping ini disediakan jalan yang lumayan cukup buat 2 Mobil akan tetapi sudah dilengkapi dengan rambu dan lalu lintas. Pokoknya seru deh...:)

2. Kawasan Wisata Tretes

Berjuta keajaiban dan keindahan dunia dapat kita dapatkan di daerah wisata yang gak jauh dari pusat kota Pandaan. Kawasan wisata Tretes berada disebelah selatan Kota Pandaan dan merupakan daerah Pegunungan yang sangat sejuk dan dingin udaranya. Kawasan wisata Tretes tidak kalah menariknya dengan kawasan Batu di Malang. Terdapat beberapa obyek wisata bagus disini seperti seperti: Candi Jawi Prigen, Air Terjun Kakek Bodo, Air Terjun Putuk Truno, dan bukit perkemahan.

Untuk melengkapi kemewahan berwisata maka disediakan pula beragam Hotel,Villa, Motel, Losmen yang dapat disewa per-kamar maupun per-rumah. Selain berwisata ke obyek tersebut para wisatawan juga bisa melakukan pendakian dan menikmati keindahan alam yang masih alami di sekitarnya. 

3. Taman Safari Indonesia II
Taman Safari Indonesia II terletak di sebelah selatan ketimur dari pusat kota Pandaan. Obyek Taman Safari Indonesia II merupakan oyek wisata bertaraf nasional yang paling diminati dan mampu meyedot animo masyarakat Indonesia pada umumnya. Taman Safari ini berada di desa Jatirejo, Prigen dengan ketinggian wilayahnya 800 -1.500 meter dpl. Obyek ini merupakan lembaga konservasi suaka margasatwa yang menempati areal seluas 340 ha.

Salah satu keunikan di Taman Safari II dibandingkan dengan kebun binatang adalah pengunjung dapat menyaksikan kehidupan satwa liar sesuai habitat aslinya, ada 3 bagian kawasan yang ditemukan di Taman Safari ini yaitu: kawasan Amerika, Eropa, kawasan Asia dan kawasan Afrika.
Disamping itu, nanti para pengunjung juga disuguhkan 3 zona yaitu zona kehidupan satwa, zona rekreasi sebagai tempat untuk menampilkan atraksi dari satwa dan tempat permainan anak-anak, zona baby zoo sebagai tempat untuk mengenal lebih dekat wisatawan dengan anak satwa liar untuk bermain dan berfoto.


Itulah sekilas obyek-obyek wisata yang berada dikota Pandaan dan sekitarnya. Masih ada beberapa tempat yang lain yang belum bisa/belum sempat diekspose ke publik. Karena letaknya yang sangat strategis ditengah jalur Malang - Surabaya, sekarang kota Pandaan mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang sangat cepat. Namun, hal ini bukanlah alasan untuk menjadikan kota dingin ini sebagai kota yang menjadi korban pembangunan industri yang terkenal panas dan tidak sehat. Pertumbuhan kota Pandaan yang dinamis perlu dijaga dan diselaraskan dengan semangat pertumbuhan kota yang berwawasan lingkungan alias Go Green Pandaan.

Akhirnya Admin Kepolover.blogspot.com mengucapakan Selamat Datang dikota Pandaan dan selamat berwisata :)

2 komentar

Wah ternyata pandaan juga punya tempat wisata, Ayo segera berkunjung.


EmoticonEmoticon