Rabu, 05 September 2012

Beragam Khasiat dan Manfaat Sayur Daun Kelor

Kepolover - Dunia tak selebar dan Kelor.Itulah pribahasa yang diungkapkan untuk menyatakan bahwa ternyata dunia ini sempit. Namun kali ini admin tidak membahas mengenai pribahasa dan retorika melainkan membahas tentang Beragam Khasiat dan Manfaat Sayur Daun Kelor sebenarnya. Tanaman Kelor ( Moringa oleifera Lamk ) merupakan tanaman yang memiliki batang pohon yang keras dan bisa sangat besar bila usianya bertahun-tahun. Tanaman ini memiliki bentuk daun menyirip ganjil kecil-kecil menyerupai oval serta berwarna hijau pucat dan menguning kalau sudah tua.

Daun Kelor tidak hanya segar saat dijadikan sayur. Dengan rasa khas lebih sedap daripada bayam. Secara umum dapat dikonsumsi dikarenakan daun ini berprotein tinggi dan bergizi. Nah untuk lebih jelsnya tentang manfaat dan khasiatnya sebagai berikut:

1. Bisa Menurunkan kolesterol
Sebuah penelitian menyimpilkan bahwa ekstrak kelor sebanding dengan atenolol dalam menurunkan kadar lemak yang ada pada tikus. Penelitian tersebut masih berlanjut karena terkait dengan sitosterol yang terdapat dalam daun kelor.

2. Anti inflamasi
Kelor mengandung kalsium dan pospor. Dibandingkan dengan sayuran lain, Kelor ternyata memiliki mineral dan vitamin yang lebih tinggi. Media luar negeri menyebutnya sebagai “miracle tree” atau “Tree for Life”. Sebuah penelitian juga menyebutkan kelor dapat menghambat aktifasi NFkB serta menurunkan ekspresi protein tumor.

3. Mengatasi Nyeri, Letih, Linu
Zat pterigospermin yang terdapat pada kelor bisa berfungsi sebagai param yang hangat serta mengurangi rasa nyeri karena bersifat analgesik.

4. Mengatasi Gizi Buruk Afrika
Setiap harinya ketika Afrika masih dilanda kelaparan dan Gizi Buruk, Tim PBB dan LSM menyertakan daun kelor sebagai nutrisi untuk memberantas gizi buruk.

5. Masker Wajah
Daun kelor yang digiling halus dapat dijadikan sebagai masker penghilang noda dan flek pada wajah.

Nah demikian tadi sekilas tentang daun kelor. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

2 komentar

Wah ternyata daun kelor ini sangat banyak sekali khasiat dan manfaatnya, ijin merangkumnya gan untuk dibagikan ke teman saya yang lainnya...

weew ternyata daun kelor bnyak manfaatnya,thx infonya gan .. salam kenal :D


EmoticonEmoticon