Kamis, 14 Juni 2012

Tips dan Cara Memperbaiki Optik DVD/CD ROM Rusak

Kepolover - Pada postingan kali ini admin akan membahas tentang Tips dan Cara Memperbaiki DVD/CD ROM Rusak. Tips ini admin dapatkan dari sahabat blogger http://saddamzikri.wordpress.com dimana pembahasannya sangat detail dilengkapi dengan screeshoot gambar. Nah untuk kerusakan yang bisa diperbaiki pada postingan kali ini adalah fokus kerusakan yang disebabkan karena kerusakan Optik. Berikut adalah tips dan cara memperbaikinya:

1. Buka Casing CD/DVD ROM
Bukalah dengan hati-hati Casing CD/DVD Room Anda. Agar lebih mudah keluatrkan tray terrlebih dahulu atau bisa menggunakan paper clip untuk menekannya sehingga bisa terbuka.

Tarik secara penuh tray tersebut
Lepas panel bagian depan dengan cara menggeser klip penahan panel. Lalu kendorkan 4 baut bagian bawah casing sehingga tutup bagian bawah bisa terangkat.

2. Melepas Papan Sirkuit CD/DVD ROM
Berikut adalah tampilan papan sirkuit yang menutupi mekanisme CD/DVD ROM.

Renggangkan klip dan angkat papan sirkuit sebelah kiri.
Setelah itu, lepaskan bagian yang kanan.

Setelah itu balik bagian belakang papan sirkuit dimana nanti terdapat satu fleksibel yang menancap pada papan sirkuit. Fleksibel pada bagian itulah komunikasi data utama CD/DVD ROM. Lepaskan dengan perlahan-lahan dengan cara mengendurkan klip penahan fleksibel di sisi kanan
Nah, bila sudah dilepas semua maka akan terlihat mekanisme CD ROM dan optical assembly/pembaca data. Bila kalian perhatikan maka disitu terdapat trimpot, yakni sejenis potensiometer
 

3. SET Laser Gain
Nah, karena trimpot adalah pengatur tingkat kekuatan laser yang dipancarkan/ Laser Gain. Maka putar sedikit trimpot tersebut searah jarum jam.

4. Pasang Lagi dan Tes Semuanya
Kembalikan seluruh komponen dan bila sudah selesai silahkan tes.

Thank you for esetiawan.wordpress.com

1 komentar so far

terima kasih info yg sangat bermanfaat ini..


#Semoga sehat selalu


EmoticonEmoticon