Kamis, 21 Juni 2012

Gejala Penyakit Jantung dan Tips, Cara Pencegahanya

Kepolover - Sobat Kepolover, kali ini admin ingin berbagi informasi mengenai Gejala Penyakit Jantung dan Cara Mengatasinya. Jantung merupakan organ vital/penting bagi kesehatan manusia. Apabila seseorang mengalami gangguan kesehatan jantung/penyakit jantung maka langkah yang harus dilakukan adalah menjaga agar jantung kembali sehat dengan pola hidup sehat dan teratur. Nah bagaimanakan cara agar jantung kembali sehat dengan pola hidup sehat dan teratur? Sebelum kita memberikan pembahsannya maka alangkah baiknya bila anda mengetahui terlebih dahulu mengenai gejala penyakit jatung.


1. Berikut ini adalah gejala penyakit jantung:

Angina - Aritmia
Angina merupakan rasa nyeri atau merasa ditekan pada bagian dada sedangkan Aritmia adalah istilah untuk menunjukkan kondisi dimana terjadi gangguan irama jantung yang berakibat menyebabkan palpitasi (denyut yang abnormal). Angina dan aritmia terjadi dikarenakan kurangnya pasokan darah yang membawa oksigen ke jantung. Efek yang ditimbulkan adalah pusing, letih, mual, berkeringat dingin, dan sesak nafas.
Nah gejala yang terjadi tersebut beresiko dan bisa merupakan awal gejala sakit jantung. Apabila dibiarkan saja maka bisa fatal dan terjadi serangan jantung yang dikarenakan otot-otot jantung tidak mendapatkan pasokan darah. Apabila lama tidak ditangani maka bisa mengakibatkan kematian. Ada beberapa jenis tumbuhan yang bisa mencegah dan mengatasi penyakit jantung koroner adalah Buah Manggis, Mengkudu, Bawang putih, Daun mahkota dewa, Jamur kuping hitam, Bunga mawar.

2. Pencegahan Dini Dari Penyakit Jantung

Pola makan yang sehat dan teratur
Menjaga pola makan sangat penting karena hal ini berpengaruh langsung terhadap kesehatan. Hindarilah makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi. Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang digoreng tapi sebaiknya mengkonsumsi makanan yang direbus/dikukus. Hindari juga makanan/minuman yang mengandung zat gula tinggi seperti soft drink. Batasi konsumsi karbohidrat karena karbohidrat akan dipecah menjadi lemak saat ada didalam tubuh. Agar tetap sehat konsumsilah oat atau gandum.

Tidak merokok
Karena kita tahu bahaya merokok yang dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin maka jangan mengisap/merokok. Apabila Anda perokok aktif dan sulit berhenti merokok maka lakukan pencegahan dini dengan berhenti merokok.

Hindari Stres
Ketika seseorang mengalami stress maka tubuhnya akan mengeluarkan hormon cortisol yang menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Hormon norepinephrine akan diproduksi tubuh ketika kita stress dan berakibat pada naiknya tekanan darah dan serangan jantung.

Kurangi berat badan Obesitas
Obesitas atau kelebihan berat badan meningkatkan tekanan darah tinggi dan lemak. Obesitas juga rawan diabetes. Karena diabetes mempercepat penyakit jantung koroner dan meningkatkan risiko serangan jantung. Maka dari itu kurangilah berat badan anda bila anda termasuk penderita Obesitas.

Olahraga secara teratur
Olah raga teratur sangat penting namun jangan terlalu berlebihan sehingga memforsir kinerja jantung anda. Dengan berolahraga/jogging cukup setengah jam perhari secara normal maka dapat menurunkan resiko serangan jantung sekitar 30 persen.

Konsumsi buah dan sayur
Buah dan Sayur kaya akan vitamin segar dan ini juga direkomendasikan oleh WHO untuk mengkonsumsi buah dan sayur seberat 400 gram  untuk mencegah penyakit jantung.

Konsultasikan Kesehatan Jantung Anda ke Dokter
Nah apabila anda mengalami gejala yang kurang sehat dengan jantung anda seperti pada gejala penyakit jantung diatas maka sangat penting bagi anda untuk berkonsultasi kepad dokter agar mendapat pencegahan dan saran yang lebih baik dan sehat untuk jantung anda.

Sekian informasi mengenai Gejala Penyakit Jantung dan Cara Pencegahanya. Semoga memberi manfaat bagi kita semua.


EmoticonEmoticon