Kamis, 03 Mei 2012

Seputar Algoritma Cerdas Google Penguin: Anti Blog SPAM

Kepolover - Hai sobat Kepolover, postingan kali ini kita akan membahas mengenai update terbaru dari algoritma Google yang disebut sebagai Google Penguin. Nah Algoritma baru dari Google ini merupakan algoritma cerdas sebagai pengganti Algoritma Google Panda yang cukup sensasional dan cukup banyak menumbangkan konten AGC pada tahun lalu. Yah memang, dari waktu ke waktu Google semakin meningkatkan kecanggihan algoritma sistem pencarinya, dan hal ini harus kita jadikan sebagai tolak ukur semestinya bahwa kegiatan blogging sudah seharusnya lebih mengarah pada nilai kualitas, natural dan kontinyu.

 
Google memang sudah mengupdate ALO (Algoritma) mereka dimana telah merubah dan berdampak signifikan pada sistem pencarinya pada bulan April kemarin. Nah Algoritma itulah yang disebut dengan Google Penguin. Hadirnya Google Penguin ternyata sangat kontroversial dan berberda dengan Google Panda. Google Penguin dititik beratkan untuk menembak sasaran web dan blog spam. Jadi disini sudah nampak jelas apabila blog kita mengandung SPAM pastilah akan menerima dampak dari Google Penguin. Walhasi, akan terjadi penurunan tingkat di SERP. Dalam mendefinisikan SPAM, Algoritma baru ini cukup akan melawan web/blog yang melakukan over optimasi yang berlebihan dan tidak natural. Sehingga ketika sistem mendfeteksi hal tersebut maka bisa dipastikan nanti posisi SERP blog kamu bakal anjlok bahkan lenyap.

Jujur pada diri saya sendiri sangat setuju dan menyabut baik apa yang dikerjakan Google sebab hal ini tidak lain untuk membersihkan SE dari konten SPAM yang hanya menjebak dan tidak ada mutunya. Namun disatu sisi para webmaster cukup pusing juga dengan hadirnya Algoritma Penguin ini. Apabila kita menengok SEOmoz, jasa SEO yang populer dan cukup terenal, mereka menuliskan beberapa penjelasan yang fundamental mengenai Gopogle Penguin ini bertitle-kan "Google Algorithm Change History".

Ok saya langsung mengutip apa yang dikatakan oleh mereka. Sekarang ketahui aja apa saja yang termasuk dalam kategori SPAM yang akan dilawan Google Penguin agar blog kita aman dari dampak algoritma baru ini.

1. Hidden Link/Text: Links dan teks tersembunyi
    Kita harus tau apa saja yang termasuk hidden links/hidden text

    - Teks color warna putih pada background berwarna putih.
    - Teks yang berada dibalik Image gambar
    - Teks yang disembunyikan oleh manipulasi CSS (termasuk point 1)
    - Teks dengan ukuran font 0
    Sedangkan Hidden links adalah links tersembunyi yang dirayapi Googlebot dan sulit
    terbaca oleh manusia dikarenakan.
    - Link memang disembunyikan dengan manipulasi kesamaan warna dengan background
    - Manipulasi CSS satu pixel untuk Links
    - Link tersembunyi disisipkan pada tanda penghubung artikel.

2. Konten yang tidak ada hubunganya dengan keyword.
Google akan menganggap SPAM sebuah blog yang memiliki konten yang tidak ada relevansinya dengan keyword. Dalam hal ini kita dituntut membuat konten yang memiliki hubungan dengan keyword, konten yang fresh.

3. Melakukan Cloaking
Google sangat membeci blog yang melakukan cloaking yaitu mengalihkan situs-nya ke URL lain 

4. Dupikasi konten yang sama
Cukup menjadi cibiran bahwa apabila mencopi-paste sebuah blog harap disertakan sumbernya dan artikelnya sudah mengalami editing dalam redaksionalnya.

5. Memasukkan Virus dalam Blog
Ini lebih parah lagi sebab Google sangat membenci trojan dan malware yang sangat merugikan user, dampaknya bisa mendapat penalti dan ditendang bahkan dihapus blog-nya

6. Konten Doorway page
Konten ini hanya berisi keyword yang menjebak pengunjung akan tetapi tidak memiliki konten yang berkualitas. Oke, ucapkan selamat tinggal kepada web/blog yang menyesatkan tersebut.

7. Melakukan Optimasi berlebihan dan BackLink berbayar
Walaupun tujuan sebelumnya optimasi SEO dan untuk mencapai SERP yang diinginkan, namun harus kita ingat bahwa Google Penguin sangat tidak suka dengan Optimasi yang berlebihan dan tidak natural, GP akan menganggap SPAM blog anda dan justru terpuruk di SERP.

Silahkan bagi teman2 sesama blogger yang ingin menambahkan untuk kebaikan kita bersama...Thankz

Rujukan: http://imuzcorner.blogspot.com

2 komentar

Dari dulu sampai sekarang saya tidak pernah membeli backlink, untunglah..
terima kasih info di atas

Aku baru buat blog bulan juni lalu ni mas, kira2 apa algoritma ini juga akan menerjang blog baru ya
moga saja tidak kena imbasnya ni


EmoticonEmoticon