Kamis, 15 Maret 2012

Tips Mudah Agar Laptop-Netbook Awet & Tidak Cepat Rusak

Kepolover.blogspot.com - Seperti yang telah banyak di share di beberapa blog. Tentunya para blogger memiliki cara dan gaya tersendiri dalam merawat laptop/notebook mereka. Begitu pula dengan kru redaksi Kepolover.blogspot.com. Walaupun tiap hari masih komputer PC yang menjadi senjata utama, namun untuk urusan menjaga dan memanjakan laptop tidak boleh disepelekan. Postingan kali ini khusus membahas cara merawat laptop agar awet dan tidak cepat rusak. 
Menurut kodratnya, laptop diciptakan lebih lemah daripada PC gan..., lololoh bahasa redaksi kok geje??  Namun keduannya sama sama barang elektronik yang mesti harus dirawat baik-baik. Namun dalam hal perawatan, Laptop atau Notebook menurut kita harus lebih ekstra dan maksimal karena mereka jauh lebih lemah dan sensitif daripada PC.

Tips Menggunakan Laptop atau Notebook :
  1. Gunakan seperlunya dan jangan digunakan terus menerus tanpa adanya waktu rehat bagi si leppy.
  2. Pastikan sirkulasi udara dibawah laptop bagus, dan jangan gunakan alas yang bisa menutup sirkulasi laptop saat digunakan.
  3. Bersihkan dari debu dan hindarkan dari sinar matahari langsung.
  4. Jangan sampai terkena cairan keras yang bisa merusak body laptop.
  5. Tidak boleh terkena benturan sebab bisa merusak hardware laptop termasuk hardisk dan LCD.
  6. Jangan biasakan memindah laptop dalam keadaan menyala sebab bisa merusak hardisk.
  7. Bila sedang di charge, gunakan setelah baterai terisi 50% ke atas karena hal ini akan menghemat umur batterei.
  8. Jangan menggunakan laptop tanpa tanpa Baterai (hanya charger) dalam waktu lama. Hal ini bisa fatal bila tiba-tiba listrik mati. Selain itu kondisi tanpa baterai akan memperberat kerja rangkaian stabilisator di dalam laptop karena desipasi daya pada rangkaian ini menjadi lebih besar dari pada menggunakan baterai.
  9. Gunakan Charger yang asli/genuine sebab hal ini lebih aman dari pemakain daya yang kurang stabil.
  10. Lepas charger setelah pengisian baterai mencapai 100% (penuh) khususnya untuk laptop lama karena biasanya belum dilengkapi Auto Stop Rechargered (proses rechargered otomatis berhenti setelah baterai laptop penuh). Untuk Laptop baru biasanya sudah dilengkapi rangkaian tersebut sehingga charger boleh tidak dilepas meskipun baterai sudah penuh.
  11. Dalam menggunakan Eksternal Cooling Fan usahakan menggunakan catu daya sendiri dan tidak mengambil dari USB Laptop karena pada beberapa kasus justru memberatkan Laptop.
  12. Hindari penggunaan Eksternal Device secara berlebihan dan bersamaan. Misalnya; USB Modem, Printer, Wireless Mouse, CD-ROOM, Flashdisk, Microphone, Speaker Eksternal (Headphone), LCD Proyektor dan aktif secara bersamaan.
  13. Hindari melakukan ketukan terlalu keras pada mouse pad.
  14. Jangan Sambungkan LAN Network Adapter dengan saluran telepon PABX (Private Automatic Branch eXchange) yang sering ada di kantor-kantor karena kebanyakan PABX berpotensi merusak LAN Network Adapter pada Laptop atau Notebook
  15. Usahakan CD/DVD-RW ROOM Laptop hanya untuk membaca data dari CD/DVD. Dan jangan terlalu sering melakukan burning dari CD/DVD-RW ROOM Laptop.


EmoticonEmoticon